2 Cara Dari Sosiolog Untuk Persahabatan Selalu Baik-Baik Saja

Tiga Hal yang Perlu Kamu Renungkan, Buat Kamu yang Sering Termakan Gengsi

2 Cara Dari Sosiolog Untuk Persahabatan Selalu Baik-Baik Saja

Siapa sih yang tak mau memiliki kelanggengan dalam hubungan persahabatannya? Rasanya tak ada, ya. Di mana dengan memiliki sahabat sejati dalam kehidupan pastinya mampu menjadi ruang berbagi suka maupun duka, nih. Oleh karena itu, tak heran jika sahabat layak di sebut keluarga tanpa hubungan darah.

Namun, ternyata harapan untuk memiliki hubungan persahabatan yang langgeng tak selamanya sesuai dengan kenyataan, lho. Yang mana jalinan perhasabatan itu akan selalu mendapatkan cobaan-cobaan baik dari faktor internal maupun eksternal. Di lansir dari laman planetpreset.com dari sisi ilmu, ilmu sosiologi memiliki tips untuk memelihara kelanggengan hubungan persahabatan. Penasaran? Langsung simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Terapkan teori rational choice

Di kutip dari laman Daftar Togel Toto, dalam kajian sosiologi terdapat teori rational choice yang menekankan pada aspek untung dan rugi, nih. Di mana pelaku dari teori tersebut beranggapan bahwa ketika bertindak dalam sebuah hubungan sosial harus di dasarkan pada penghitungan secara rasionalitas. Yang mana artinya hubungan sosial yang terjalin baik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok harus terjalin atas dasar saling menguntungkan.

Nah, dalam persahabatan juga harus menerapkan teori rational choice, lho. Jika kamu mengingikan keuntungan dari jalinan hubungan dengan sahabatmu, maka kamu juga harus memperlakukan hal demikian pula pada sahabatmu. Misalnya saja saat kamu membutuhkan bantuan dari sahabatmu baik tenaga, waktu, hingga urusan finansial, maka kamu juga harus bersedia memberikan tenagamu, waktumu, sampai bantuan finansial untuknya. Sehingga dari hal tersebut hubungan persahabatan yang terjalin akan langgeng karena berjalan atas dasar keuntungan dari kedua belah pihak, nih.

2. Terapkan upaya preventif

Preventif pada kajian ilmu sosiologi merupakan upaya untuk melakukan pencegahan supaya tidak terjadi penyimpangan sosial, nih. Praktik dari preventif terhadap penyimpangan sosial dapat berupa himbauan, ajakan, bimbingan, maupun pengarahan. Maka, dalam hubungan persahabatan juga perlu di lakukan berbagai upaya preventif untuk menghindari risiko keretakan dalam hubungan, ya. Misalnya saja kamu telah mengetahui bahwa sahabatmu tak menyukai pembahasan bertema make up, maka jangan kamu mengobrol dengannya menggunakan topik tersebut. Adanya berbagai pencegahan-pencegahan lain yang kamu lakukan pastinya mampu membuat usia persahabatanmu jadi langgeng, lho!